Sabtu, 05 Maret 2011

Cara Membuat Top Keyword Di google


Keyword atau kata kunci, menurut yang saya ketahui mungkin tidak begitu berbeda dengan kata kunci yang ada di makalah, atau laporan penelitian. Biasanya di namakan Keyword atau kata kunci di dasarkan dua aspek
1. pada kata, atau sepenggal kalimat yang sering muncul (kuantitatif),
2. di dasarkan pada kata-kata kunci atau keyword permasalahan (kualitatif).

Nah, kalau anda masuk ke webmaster Google, menurut saya keyword yang dilaporkan webmaster Google pada cara pertama , yaitu mengkalkulasi atau mengkuantitatifkan jumlah kata. Sehingga di hitung dari kata yang paling banyak, kemudian apakah kata yang paling banyak menjadi keyword di search engine google, mungkin bisa sebagian faktor saja, tetapi masih ada factor lain yang akan menjadi keyword dan popular di search engine google.

Menurut saya beberapa faktor yang bisa menjadi keyword adalah sebagai berikut:

  1. Keyword dari Judul dan deskripsi sebuah blog atau situs termasuk Judul dan deskripsi artikel maupun halaman.
  2. Keyword Anchor text yang di ciptakan dari link. Misalnya dari blog sendiri, blog lain atau web directori
  3. Keyword dari alamat url atau alamat domain itu sendiri.
  4. Keyword dari jumlah kata sebagaimana yang saya sebutkan di atas.

Ok baiknya kita bereksperimen langsung agar tidak penasaran lagi dengan memakai media search engine atau mesin pencari Google (karena search engine yang satu ini yang paling akrab dengan blogger).

  1. keyword yang dihasilkan dari Judul dan deskripsi; coba buka langsung new tab explorer dan masuk ke Google, dan Queri dengan keyword BELAJAR BLOG mungkin hasilnya http://pamekasan.blog.com masih dihalaman pertama di Google walaupun tidak nomor urut satu. Nah keyword ini menurut hemat saya dihasilkan dari perpaduan judul blog dan link anchor text yaitu belajar Blog
  2. keyword yang dihasilkan dari Alamat url atau domain: misalnya BLOG PAMEKASAN mungkin juga di halaman pertama, padahal tidak ada artikel yang membahas kabupaten pamekasan di sini, sehingga asumsi saya ini adalah keyword yang dihasilkan dari alamat url atau domain
  3. keyword yang dihasilkan link dan anchor text; misalnya FREE INTERNATIONAL JOURNAL atau FREE JOURNAL INTERNATIONAL mungkin blog saya yang satunya http://www.go-learning.org (Go Learning) masih masuk di halaman pertama search engine atau mesin pencari Google, padahal tidak ada satu katapun di blog tersebut yang memuat keyword FREE INTERNATIONAL JOURNAL atau FREE JOURNAL INTERNATIONAL, nah asumsi saya ini dihasilkan dari link dan anchor text dari beberapa web direktori dan tukar link dengan sahabat-sahabat.

Nah apa manfaatnya membuat Top Keyword di Google ? coba bayangkan mungkin sampai sekarang, pengguna internet sudah lebih satu milyar, bayangkan, jika anda bisa menguasai 10 – 15 keyword popular atau yang sering banyak di bidik pengunjung, maka otomatis blog maupun situs anda akan ramai dengan pengunjung alias trafiknya akan tinngi.

Nah mungkin itu ulasan singkat dan cukup meluangkan waktu bagi saya, karena kebetulan sekarang kampus lagi hari tenang, sehingga lowong karena tidak perlu mempersiapkan materi kuliah. Sebenarnya masih ada beberapa faktor lagi yang bisa menjadi keyword di search engine Google, dan insyaallah akan saya tulis nanti di kesempatan yang lain.

Jika tertarik, silahkan copy artikel ini dengan catatan harus mencantumkan sumbernya, yaitu link ke artikel ini, wassalam.

*catatan: hasil eksperimen diatas dilakukan pada tanggal sekarang, bisa saja sewaktu-waktu naik atau menurun di peringkat Google.

Tidak ada komentar: